Satukan langkah, luruskan niat, sucikan hati bersama kita bangun generasi Rabbani.

Jumat, 21 Juni 2013

Gebyar Syiar

Bismillah...

        Dengan Menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Penyayang, Insya Alllah LDK Ar-Risalah akan mengadakan sebuah agenda yang tujuannya tidak lain untuk menebar kebaikan bagi semua dan memberikan manfaat , ilmu , dan pengalaman..  Acara dalam rangka memperingati Milad LDK Ar-Risalah PGRI yang ke-10 ini akan dilaksanakan Universitas PGRI Palembang .


"KETIKA KITA INGIN MEMahami sesuatu, maka ajarkan…..
KETIKA KITA INGIN MERASAKAN INDAHNYA KEKELUARGAAN, MAKA KITA BERBAGI……"

  Dizaman modern dimana Ilmu Pengetahuan dan Teknologi semakin berkembang setiap waktu, tentunya peranan pendidikan sangatlah penting dalam mengoptimalisasikan fungsi pendidikan itu sendiri. Fenomena pendiidikan yang saat ini dibahas sungguh memprihatinkan bagi dunia pendidikan, terutama bagi pelaku pendidikan.
            Bisa kita lihat di media cetak, elektronik bagaimana perkembangan pendidikan saat ini, seperti kehilangan tujuan utamanya.  Pendidikan itu guna mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga generasi muda memiliki intelektual yang tinggi karena pemudalah yang akan meneruskan perjuangan kemajuan bangsa ini  dan ditangan pemudalah nanti letak kemajuan bangsa ini.
            Disamping itu, Guru saat ini seperti kehilangan harga diri, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya berita mengenai guru yang melecehkan siswa, kasus kekerasan fisik yang dilakukan oleh guru kepada siswa dan fenomena kesejahteraan guru honor yang tidak sebanding dengan pengorbanannya dalam mencetak generasi penerus yang unggul dan berintelektula. Bukan hanya itu, disetiap Ujian Nasional akan didapati pada sekolah-sekolah bahwa gurulah yang lebih sibuk dari pada siswanya. Bahkan disekolahpun dibuat TIM sukses Ujian untuk menjawab soal lalu memberikan kunci jawabannya kepada siswa. Kejadian ini sudah menjadi rahasia umum, namun tidak pernah tuntas dalam menindak lanjutinya. Padahal sudah ada saksi – saksi yang jelas – jelas sudah memberikan keterangan mengenai kecurangan pada Ujian Nasional. Ujian Nasional menjadi momok tahunan bagi pelaku pendidikan yang terlibat didalamnya terutama bagi siswa-siswi , guru dan Kepala Sekolah. Standar Ujian yang sangat tinggi membuat siswa merasa begitu berat untuk diadakannya Ujian nasional. Bukan hanya sebatas itu saja, jika disekolah itu banyak siswa yang tidak lulus maka kepala Sekolah akan dilengserkan dari jabatannya, guru yang mengajar akan langsung di cap tidak berhasil dalam mendidik siswa-siswinya dan sekolah itupun akan turun pamornya di kalangan masyarakat.
            Jika keadaan ini terus berlanjut maka mental anak bangsa akan semakin buruk dan tidak akan ada keseriusan dari siswa-siswi untuk belajar dengan serius, karena mereka sudah beranggapan ketika ujian nanti akan ada yang memberi jawaban. Bukankah kemajuan suatu bangsa dilihat dari kualitas pendidikan nya. Dari pendidikan yang baiklah akan mencetak generasi muda yang memiliki intelektual yang luar biasa, karena nantinya merekalah yang akan meneruskan estafet kemajuan negara ini. 
            Pemerintah sudah melakukan penyegaran terhadap kuruikulum yang akan dipakai, namun tetap saja terjadi banyak pro dan kontra. Kejadian ini bisa kita lihat ketika dicanangkannya kurikulum 2013 yaitu pendidikan yang berkarakter dan budaya. Hal ini semakin membuat polemik pada dunia pendidikan.
Lalu bagaimana solusi dan cara menyikapi permasalahan pendidikan ini?
Memenuhi kebutuhan akan pentingnya pendidikan dan perannya, khususnya pada penerapan Pendidikan dalam berbagai kebutuhan manajemen di segala tingkat masyarakat Menyediakan pendidikan yang berorientasi ke arah masa depan untuk membekali lulusannya dalam berkarir di bidang Pendidikan, dan bidang-bidang yang berkaitan. Sehingga menjadi seorang  pemimpin yang berkarakter  pada  kemajuan pendidikan dan pengabdian masyarakat pada umumnya, dan berprestasi dalam bidangnya.

Tantangan yang dihadapi dunia Pendidikan saat ini semakin beragam dan modern. Berbagai  tantangan   baru  muncul  yang menuntut  kerja  keras  dunipendidikan untuk menciptakan pendididkan  yahng berkwalitas dan berakhlak mulia

Untuk itu, kami Organisasi Mahasiswa Ar-Risalah  (ORMAWA Ar-Risalah) Universitas Persatuan  Guru Republik Indonesia (PGRI) Palembang, ingin mengadakan sebuah kegiatan eksklusif yang berjudul Gebyar Syiar dan bertemakan Dengan Pendidikan dan Akhlak Kita bisa bermimpi dan Berprestasi  dengan harapan adanya peningkatan wawasan yang akan berdampak pada kualita Pendidikan  dalam dunia berkembang . Semoga kegiatan ini mendapat respon yang baik dalam rangka Indonesia Cemerlang, yaitu menuju Indonesia cerdas dengan Pendidikan dan berakhlak dalam berprilaku. 

Tema : “Dengan PENA (Pendidikan dan Akhlak)
Kita Bisa BERMIMPI (Bersama Meraih Ilmu dan Prestasi)”

Gebyar Syiar adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Ar-Risalah Universitas PGRI Palembang. Agenda ini biasanya dilaksanakan selama satu sampai tiga hari dalam setahun. Ada bermacam-macam agenda yang diadakan didalamnya, berupa seminar, training, tabligh akbar, ranking satu, bakti social, lomba-lomba, dll. Pada tahun ini, gebyar syiar akan dilaksanakan selama satu hari, acaranya meliputi :

1.  Seminar Pendidikan dan Launching Gerakan Infak Shadaqah Mahasiswa.
      Seminar Pendidikan tingkat NASIONAL yang bertemakan "Ketika Pendidikan Terpaksa Bicara" ini di gadang-gadang akan menjadi sebuah agenda yang luar biasa , di tambah lagi Pembicaranya yang lebih Luar Biasa.  Pembicara pertama yakni Bpk. Dahlan Iskan , Menteri BUMN , beliau adalah seorang praktisi pendidikan yang luar biasa . Sepak terjang beliau dalam pendidikan tidak diragukan lagi , hingga Beliau menyandang gelar Doctor . dan menjabat Menteri BUMN hingga sekarang .   Seminar Pendidikan yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 September 2013 ini merupan agenda mandiri LDK Ar-Risalah dalam rangka memperingati miladnya yang ke-10 .
  Pembicara yang kedua adalah Rektor Universitas PGRI Palembang , Dr.H. Syarwani Ahmad, M.MBeliau akan memberikan materi tentang bagaimana mempersiapkan generasi calon guru di masa depan. Sehingga tercipta guru yang propessional dan berkarakter . Pembicara ketiganya adalah Kepala Jaringan Sekolah Islam Terpadu. yang akan membimbing kita dalam mencetak generasi berkarakter.
2.  Khitanan Masal
Agenda ini insyaAllah akan diikuti oleh 100 peserta khitan yang akan di khitan oleh 10 dokter yang tersedia . Agenda ini tidak lain untuk membantu masyarakat yang tidak mampu .. dengan penuh harap dan Ikhlas karena Allah SWT .

3.  Talk Show Kepemudaan
Agenda ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 21 September 2013 , pukul 13:00 , cocok sekali untuk kita semua yang haus ilmu , haus pengetahuan . Selain itu yang akan mengisi Talk Show ini adalah Seorang Penulis 5 Buku Best Seller , Berasal Dari Yogyakarta , Salim A. Fillah  . dan seorang ustadz yang mungkin sudah tidak jarang lagi terdengar namanya , Ust. ifan Fahriansyah . 

4.  Bazar AKBAR
  Berbagi itu memang indah , saling memberi dan menghargai , berbagi kasih dan ilmu . Hirup udara segar... bernafas.. dan hembuskan , itu adalah contoh betapa Allah maha memberi , slalu berbagi pada Hamba-Nya .sudah selayaknyalah kita sebagai hamba-Nya , saling berbagi untuk menyebar kebaikan agama-Nya .
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar